BERITA

Perempuan Belum Melek Politik

Kota Mungkid_ Rendahnya angka melek politik di kalangan perempuan berimbas pada  kecilnya  angka keterlibatan perempuan dalam kancah politik. Perempuan masih belum banyak  beranjak dari seputar wilayah domestik.

Di   Jawa  Tengah, fenomena itu  terekam dalam  Indikator Gender Empowerment Measure (GEM) atau indeks Pemberdayaan Gender bahwa keterlibatan perempuan di parlemen hanya sekitar 24 %, lebih rendah dari angka keterlibatan peremuan diranah profesional (manajer, dan tenaga teknis lain) sebanyak 46,97 %. Sementara sumbangan  perempuan dalam pendapatan kerja sebesar  34,13 %.

Hal itu disampaikan Kasi Kesejahteraan, Anwar Setyadarma, saat membacakan sambutan Kepala  Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana  (DP3AKB) Provinsi Jawa Tengah dalam acara Pendidikan Politik Perempuan Kabupaten Magelang yang merupakan hasil kerja sama dengan Komisi E DPRD  Provinsi Jawa Tengah, di Balai Desa Kalinegoro Mertoyudan, Jumat (22/2/2019). Acara ini diikuti  oleh kaum perempuan di wilayah Kabupaten Magelang.

Perlu belajar politik

Sementara itu, Anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah, Yunita Endrianingsih dalam kesempatan itu mengajak kepada kaum perempuan di Kabupaten Magelang untuk bersemangat belajar politik . “Selama ini kaum perempuan masih terus menjadi obyek politik. Saat pemilu tahunya hanya nyoblos, sudah itu selesai”, Kata Endri yang merupakan legislator dari Fraksi PDIP asal Magelang.

Keterwakilan perempuan di DPRD khususnya, kata Endri, sangat dibutuhkan terutama dalam memperjuangkan hak –hak perempuan yang selama ini masih banyak yang belum diakomodir  pemerintah  maupun parlemen.

Afiffuddin, Ketua KPU Kabupaten Magelang  yang juga hadir sebagai narasumber dalam forum tersebut juga turut memotivasi kaum perempuan Magelang untuk tidak pasif dalam pemilu. “ Ibu-Ibu yang berminat juga dapat menjadi anggota KPPS bahkan penyelenggara pemilu lainnya ”, katanya menyemangati sambil menyosialisasikan surat suara Pemilu 2019 kepada peserta. (***/RED)

Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Kabupaten Magelang Tahun 2020, Potensi Pemilih Baru Bertambah 3000an orang

DPB Kabupaten Magelang

Selengkapnya

Wely Wirastomo, pemenang Lelang BMN Pasca Pemilu 2019 Tingkat Kabupaten Magelang

Pemenang Lelang BMN Pasca Pemilu 2019

Selengkapnya

Pengumuman Lelang BMN Pasca Pemilu 2019

Pengumuman lelang BMN Pasca Pemilu 2019

Selengkapnya

Cegah COVID-19, Kantor KPU Disemprot Disinfektan

#KPULawanCovid-19#

Selengkapnya

Sadar Pemilu Butuh Edukasi Berkesinambungan

KPU Goes To Campus Tahun 2020

Selengkapnya

Pengumuman Lelang Kotak Suara Alumunium dan Surat Suara Pilbup Magelang Tahun 2018

KPU Kabupaten Magelang melalui perantaraan Kantor Perbendaharaan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Semarang akan melakukan lelang kotak suara berbahan alumunium dan surat suara Pilbup Magelang Tahun 2018.

Selengkapnya