BERITA

KPU Dituntut Kreatif Manfaatkan Media Sosial

KPU Dituntut Kreatif Manfaatkan Media Sosial

Kota Mungkid_ KPU selaku penyelenggara pemilu dan pemilukada diera teknologi informasi yang makin berkembang, dituntut kreatif memanfaatkan keberadaan media sosial  dalam menyebarkan informasi kepemiluan kepada publik. Semakin massif informasi kepemiluan disebarkan , diharapkan makin tinggi animo publik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan  berdemokrasi melalui pemilu.

Pesan penting itu mengemuka dalam Webinar “The New Normal” Peran Media Sosial dalam Pemilihan 2020 yang diselenggarakan KPU Provinsi Jawa Tengah dengan narasumber utama, Noudhi Valdryno, Manajer Hubungan Pemerintah dan Politik Facebook untuk kawasan Asia-Pasifik, Selasa (23/6/2020). Webinar ini diikuti 35 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah.

Menurut Ryno, KPU harus mampu memanfaatkan kecanggihan teknologi  agar penyebarluasan informasi pemilu tidak monoton dan membosankan, salah satunya melalui Akun Facebook. “ Sering-sering unggah video  kegiatan KPU yang memiliki nilai berita tinggi dan ditayangkannya tepat waktu”, Ujarnya.

Satu pesan penting Ryno, KPU khususnya para admin akun Facebook milik organisasi seperti KPU,  untuk segera memanfaatkan “Halaman” atau FB Page ketika mengunggah informasi maupun kegiatan organisasi kepada publik. Hal ini dimaksudkan agar pihak Facebook tidak mengganggapnya sebagai akun palsu.

Selain memanfaatkan Akun Facebook, KPU juga dapat mengoptimalkan peran akun instagram yang sudah dimiliki. Konten foto kegiatan hendaknya dibuat lebih variatif tidak sekedar gambar seremonial semata.

“Kegiatan-kegiatan dibalik layar (behind the scenes)  dalam sebuah kegiatan di KPU juga harusnya bisa dibuat se-kreatif mungkin dan kemudian diunggah kepada publik melalui instagram story” Katanya.

Rekaman kejadian unik atau hal-hal kecil namun menarik untuk diketahui publik bisa menjadi variasi unggahan infomasi pemilu kepada publik. Rekaman gambar yang ada bisa dipoles dengan sedikit kreatifitas yang sudah disediakan Instagram seperti Emoji Slide, Polling, Question Sticker dan juga Location Sticker untuk mempermanis tampilan video yang diunggah.

Facebook  sendiri, Ungkap Ryno, sejak tahun 2019 sudah melakukan kerjasama dengan KPU RI dan KPU Provinsi dalam upaya mendukung kegiatan integritas pemilu. Sebagaimana diketahui pengguna Facebook saat ini sudah mencapai 2,45 miliar di seluruh dunia, dan  pengguna Instagram sebanyak 1 miliar. (***/RED)

 

 

 

 

Setiap Bulan, Jumlah Pemilih Bergerak Dinamis

Pleno DPB Bulan Agustus 2020

Selengkapnya

KPU Kabupaten Magelang Rutin Mutakhirkan Data Pemilih

Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2020, kembali digelar KPU Kabupaten Magelang. Pleno dogelar di Aula Kantor KPU setempat dihadiri Bawaslu Kabupaten Magelang. Agenda pleno DPB ini masih akan terus dilakukan secara berkala tiap bulan sepanjang tahun 2020 ini sebagai persiapan penyediaan data pemilih untuk pemilu dan pilkada lima tahun kedepan. (***/RED)

Selengkapnya

Selamat Bertugas ditempat Baru

Bertugas ditempat Baru

Selengkapnya

DPB Kabupaten Magelang Berkurang 2000 -an Pemilih

Rekapitulasi DPB Bulan Juni 2020

Selengkapnya

Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Kabupaten Magelang Tahun 2020, Potensi Pemilih Baru Bertambah 3000an orang

DPB Kabupaten Magelang

Selengkapnya

Wely Wirastomo, pemenang Lelang BMN Pasca Pemilu 2019 Tingkat Kabupaten Magelang

Pemenang Lelang BMN Pasca Pemilu 2019

Selengkapnya