BERITA

Mencintai dan Dicintai Al Quran

Mencintai dan Dicintai Al Quran

Kota Mungkid_ "Bacalah Al-Qur’an, sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat memberi syafaat kepada para pembacanya” (HR. Imam Muslim), dalil tersebut menjadi mukadimah Tausiyah Ramadhan 1442 Hijiriyah pekan ketiga, Jumat (30/4), bertemakan  Mencintai dan Dicintai Al Quran yang disampaikan Ahmad Rofik, didepan seluruh pejabat struktural dan staf pelaksana Sekretariat KPU Kabupaten Magelang. Kajian singkat khusus Bulan Ramadhan di Aula Kantor ini juga diikuti jajaran komisioner KPU.

Ahmad Rofik,anggota KPU Divisi  Perencanaan, Data dan Informasi, yang didaulat sebagai penceramah kali ini, menjelaskan ada 3 fase atau tangga  dalam mencintai Al Quran, dimulai dari  membaca, dilanjutkan dengan mentadabburi (merenungi, memahami dan mengkaji makna) dan terakhir mengamalkan apa –apa yang diperintahkan dan dilarang dalam Al Quran .

Lantas apa yang akan diperoleh setiap muslim yang telah menjalani tiga fase atau tangga dalam mencintai Al Quran ?. Pertanyaaan tersebut terjawab dalam Al Quran Surat  Fathiir ayat 29 dan 33, bahwa mereka yang senantiasa membaca Al Quran ( shalat dan juga berinfaq) itu  mengharapkan perdagangan yang tidak akan merugi, (ayat 29) dan juga akan mendapatkan surga ‘Adn, mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi perhiasan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka di dalamnya adalah sutera, (ayat 32).

Mengutip Kitab Asy-Syamail Al Muhammadiyah karangan Imam At-Tirmidzi, Ahmad Rofik menjelaskan bahwa setiap muslim perlu meneladani cara Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam membaca Al Quran agar mendapatkan keutamaan sebagaimana disebut dalam Al Quran, yaitu membaca Al Quran dengan jelas, membaca panjang pendek huruf Al Quran sesuai kaidah Hukum Tajwid, berhenti sejenak pada setiap akhir ayat, kadang membaca dengan keras (jahr) dan kadang juga dengan suara lirih (sihr) serta  memperindah suara saat membacanya.(***/RED)

KPU Buka Kanal Masukan Masyarakat Terkait Pemutakhiran DPB

Rakor DPB Juni 2021

Selengkapnya

Upaya Penyelamatan Arsip Kepemiluan

Rakor Penyelamatan Arsip Pemilu

Selengkapnya

Kesiapan Hadapi Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024

Kesiapan Hadapi Pemilu dan Pemilihan 2024

Selengkapnya

Himpun Masukan dan Gagasan Program DP3, KPU Gelar FGD

FGD DP3 KPU_RI

Selengkapnya

Diskusi Rabu Ingin Tahu (RIT) : Kode Etik Penyelenggara Pemilu

Diskusi RIT KPU Provinsi Jateng

Selengkapnya

KPU Kab Magelang Segera bentuk Bakohumas

Kunjungan Koordinasi Pembentukan Bakhumas KPU

Selengkapnya